Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Lomba Kreasi Pancasila BPIP

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila merupakan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, yang selanjutnya disingkat UKP Pancasila, adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2017 untuk melakukan pembinaan ideologi Pancasila melalui koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dalam rangka memperingati bulan Pancasila 1 Juni hingga 18 Agustus 2018, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP akan mengadakan lomba Kreasi Pancasila tahun 2018. Dengan total hadiah mencapai 180 juta rupiah.
Ada 6 macam lomba kreasi Pancasila yang diselenggarakan yakni

(1) Lomba Yel-yel Pancasila,
(2) Lomba Meme Pancasila
(3) Lomba Foto Instagram Pancasila
(4) Lomba Film Pendek Pancasila
(5) Lomba Esai Pancasila
(6) Lomba Cipta Lagu Pancasila


Yel-yel Pancasila adalah sebuah karya visual dalam bentuk video berdurasi maksimal 60 detik yang menggambarkan pemahaman, pengamalan, serta dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Meme Pancasila adalah sebuah karya visual dalam bentuk grafis-karikatural berukuran standar publikasi medsos (facebook, twitter, instagram) yang menggambarkan pemahaman, pengamalan, dan dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan setiap warga negara Indonesia. Meme Pancasila dirancang dengan sekian banyak unsur kreatif, di antaranya kekuatan karakter karikatural, kekokohan gagasan, ketajaman pesan, strategi komunikasi, dan semacamnya.

Lomba Kreasi Pancasila BPIP


Foto Instagram Pancasila adalah sebuah karya fotografi jenis single-photo dalam ukuran standar publikasi Instagram yang menggambarkan pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Film Pendek Pancasila adalah sebuah karya sinematografi dalam genre fiksi atau dokumenter berdurasi maksimal 5 menit yang menggambarkan pemahaman, pengamalan, dan dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Esai Pancasila adalah sebuah karya tulis ilmiah popular dengan panjang tulisan maksimal 7 halaman spasi 1,5 halaman kwarto, yang mengandung pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila.

Lagu Pancasila adalah sebuah karya audio dengan instrumentalia sederhana (akustik) yang secara subtansial mengandung nilai-nilai Pancasila.

Keenam jenis lomba di atas  terbuka untuk umum  dengan total hadiah sebesar Rp.180 Juta  yang disertai dengan tropi dan piagam penghargaan dari BPIP. Setiap peserta dapat mengirimkan karya sejak dari 15 April hingga batas akhir pengiriman pada 23 Mei 2018. Semua jenis lomba akan dinilai oleh tim juri independen yang keputusannya tidak dapat diganggu gugat. Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 27 Mei 2018 dan anugerah pemenang lomba akan diselenggarakan pada 1 Juni 2018.

Ketentuan umum dan ketentuan khusus untuk masing-masing lomba bisa dilihat di alamat web http://www.pancasila.go.id/


Related Posts