Back To Top

Cara Efektif Sinkronisasi Online Dapodik

Selamat Datang Di Web Info Guru dan Pendidikan
Pada post terdahulu tentang sinkronisasi offline barangkali sinkronisasi offline teman-teman operator banyak yang gagal. Cara lain adalah menggunakan menu sinkronisasi online. Namun banyak juga yang masih mengalami kegagalan. Silakan buka syncronisasi yang sukses.

Sebagai operator kita harus berpintar-pintar dan sekreatif mungkin mengambil strategi dan cara sinkronisasi online agar efektif dan berhasil.
cara sinkronisasi online yg sukses
sinkronisasi online dapodik 2013


Ada beberapa syarat (bukan mutlak) agar sinkronisasi online berhasil:

  • Mengambil waktu yang tepat untuk syncronisasi,

Mengapa? server untuk menerima kiriman data dari aplikasi dapodik seluruh Indonesia terbilang kecil sehingga tidak sanggup menerimanya. Nah jadi kita harus pandai-pandai memilih waktu yang tepat untuk proses tersebut. Kapan waktu yang tepat untuk syncronisasi? Kalau saya pribadi memilih waktu pagi hari antara pukul 06.00-08.00 (WITA), tengah hari (12.00-13.00) pukul 17.00-18.00 (WITA. Jadi sebaiknya sinkronisasi dilakukan bukan pada jam sibuk. 

  • Pastikan jaringan internet berjalan normal/stabil
Jaringan Internet yang stabil loh yaa, bukan berarti speed yang bagus.  Sebagaimana kita tahu, sebagian operator penyedia layanan internet ada yang kualitasnya bagus ada pula yang jelek, dan tergantung juga dengan kondisi daerah masing-masing. Silakan pilih yang bagus dan stabil. Lihat Bar kondisi signal, kalo cuma 2-3 garis itu tandanya koneksi jelek.

  • Perbaiki dan benahi dulu data yang dirasa kurang
Memang ada beberapa OP yang bilang bahwa jika data yang kurang sempurna bisa menghambat proses dan tingkat keberhasilan, namun saya sendiri kurang setuju. Intinya registrasi siswa jangan ada yg berwarna merah dan invalid 0. Namun tidak ada salahnya juga kita perbaiki jika ada kekurangan, terutama di kolom kecamatan baik utk PTK maupun Peserta didik.

  • Keberuntungan
Terdengar lucu ya. hehe dibalik segala macam keribetan sinkronisasi online dapodik, faktor keberhasilan sinkronisasi juga dipengaruhi oleh yang namanya keberuntungan. Ada yang coba 2-3 kali sinkron sudah sukses. Ada yang mencoba puluhan kali belum juga masuk data, Bahkan ada yang sampai 117 kali baru siswa baru/pindahan bisa masuk ke tabel utama. Ada yang memakai jaringan besar seperti Speedy bandwith besar masih gagal juga, ada juga yang hanya memakai internet kecepatan rendah (256Kbps) tapi sukses berkali-kali.




bagaimana cara sinkronisasi dapodik secara online? strategi dan teknik sinkronisasi online di dapodik 2013, sinkronisasi gagal trus apa penyebabnya

Jika muncul pemberitahuan  seperti gambar di atas, : "Constraint Failed atau Success Insert
Null Table (for consistency data) data uptodate" itu sebenarnya berhasil dan bukan salah Aplikasi, tapi yang salah itu Server PDSP pada saat pengambilan data.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google