Apa itu SimPatika guru Agama Islam, Guru Pendidikan Agama Kristen, Hindu dan guru di bawah naungan Kemenag pasti tahu. Karena pengelolaan data guru berada di aplikasi SIMPATIKA.
SIMPATIKA ini kalau dulu merupakan aplikasi padamu negeri.Karena Kemdikbud sudah tidak menggunakan situs padamu negeri, maka hanya Kementerian Agama yang memakai diubahlah menjadi SIMPATIKA KEMENAG.

Secara resmi Kemenag memakai Simpatika sebagai basis data PTK. Dimana hal ini ditegaskan lewat edaran resmi Ditjen Pendidikan Madrasah Kemenag terkait SIMPATIKA

urat Edaran Ditjen Pendidikan Madrasah Kemenag terkait SIMPATIKA



Poin poin penting edaran tersebut antara lain:
  • Layanan Simpatika akan diintegrasikan dengan EMIS Kemenag dan Dapodik Kemdikbud yang akan digunakan sebagai dasar program pelaksanaan sertifikasi Guru dan penerbitan NRG.
  • Data Simpatika akan digunakan Direktorat Pendidikan Madrasah sebagai dasar pengembangan kualitas PTK, Tunjangan Profesi, PKG, Diklat dan Verval NRG.

Jadi jelas disini fungsi SIMPATIKA bagi guru Agama dan Guru Madrasah yang ada di naungan Kemenag.

Cara Login di SIMPATIKA Kemenag


Hingga saat ini ternyata masih banyak guru yang bertanya-tanya dan kebingungan bagaimana cara nya login atau masuk ke akun simpatika kemenag. Yang perlu diketahui oleh guru maupun admin sekolah adalah alamat website padamu negeri tersebut. Alamat nya adalah di https://simpatika.kemenag.go.id/#!/login

Nah silakan cari link/kotak yang ada tulisan Login PTK, jika sudah punya NUPTK, PEG ID maupun akun yang memakai email disana. Letaknya di bagian bawah.

Buka juga
cara membuat Jadwal Mengajar Guru Agama dan cetak S28a Simpatika
Cara Mengisi SKAKPT di Simpatika

Klik Kotak Login PTK tersebut


Akan muncul tampilan seperti gambar di atas, Nah sesuaikan mau masuk sebagai apa. Admin atau Guru/PTK. Saya yakin Anda semua pasti memiliki akun di Simpatika. Kalau dulu pernah masuk di padamu negeri itu sama persis akun untuk loginnya. Asal tidak diubah oleh admin Simpatika Dinas atau Sekolah.

Masukkan NUPTK/PEG ID maupun user yang menggunakan email, serta password, jika tidak tau password silakan tanyakan ke admin operator Simpatika sekolah. Setelah dimasukkan semuanya, Klik Masuk.
Untuk adminpun bisa lewat login ini.

Login PTK simpatika kemenag




Kemudian Klik Padamu PTK, Selesai Dech... Selanjutnya Bapak Ibu guru wajib mengaktifkan portofolio lebih dahulu. Klik aktifkan, Kemudian muncul Cetak Kartu Digital PTK simpatika. Lalu mulai membuat jadwal mengajar kemudian mencetak S28a di SIMPATIKA. 

login simpatika dan cetak kartu PTK


login simpatika dan cetak kartu PTK




Jadi tiap awal semester guru harus login di SIMPATIKA ini untuk mencetak kartu PTK di SIMPATIKA dan membuat jadwal mengajar.

Silakan lihat disebelah kiri ada tulisan jadwal mengajar guru agama...


jadwal mengajar simpatika

Post a Comment