Update:
Aplikasi PMP terbaru untuk tahun pelajaran 2019 sudah dirilis, namun ada perbedaan mendasar yakni pengerjaannya wajib dilakukan secara online. Silakan klik berita rilis aplikasi PMP 2019

Pada post sebelumnya telah kita ketahui apa itu aplikasi SIM PMP yang bisa disederhanakan ialah sebuah aplikasi yang memuat isian kuesioner yang diterbitkan oleh DitjenDikdasmen. Aplikasi SIM PMP wajib diinstal bersama-sama dengan aplikasi Dapodik 2016.

Untuk saat ini tersedia aplikasi SIM PMP versi 1.2 yang kompatibel dengan aplikasi dapodik 2016a. Jadi jika ingin menggunakan aplikasi SIM PMP ini, Dapodik rekan operator harus menyesuaikan versinya yakni versi 2016a (silakan diupdate aplikasinya ke 2016a jika belum).

DOWNLOAD Aplikasi installer dan Formulir Kuesioner SIM PMP
Aplikasi dan Formulir Kuesioner SIM PMP
Untuk mendapatkan aplikasi resmi SIM PMP ini bisa diunduh di link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan , jika belum muncul silakan refresh browser kita atau clear cookies dan history browser. Jika gak bisa juga silakan download langsung di link ini

Jika rekan operator ingin mendownload langsung bisa menuju link yang sudah saya upload di tautan ini 


Untuk mengisi kuesioner di aplikasi SIM PMP ada baiknya sebelumnya kita isi dulu kuesioner versi cetak yang sebelumnya sudah kita bagikan kepada guru, siswa, komite sekolah, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Silakan unduh formulir kuesioner nya di link ini:

Kuesiner SIM PMP untuk guru
KuesioNer SIM PMP untuk peserta didik
Kuesioner SIM PMP untuk Sekolah
Kuesioner SIM PMP untuk komite sekolah
Kuesinoer SIM PMP untuk pengawas sekolah

Silakan download aplikasi SIM PMP lalu instal, cara instal Aplikasi PMP 2016 ini sama seperti menginstal aplikasi atau software lain. Tidak memerlukan Koreg, Prefill dll. Nanti kalo sudah terinstal bisa login dengan username dan password dapodik. Jangan lupa cetak kuesioner dan bagikan kepada pihak terkait, silakan hubungi kepsek Anda untuk hal ini.

Yang mau coba-coba Silakan buka artikel cara instal dan cara mengerjakan aplikasi SIM PMP.

Aplikasi PMP telah dirilis pada laman DAPODIK dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Aplikasi tersebut dapat disandingkan dengan aplikasi DAPODIK. Manual penggunaan dan pembaruan ke versi 2016a dapat dibaca pada laman dapodik. Manual atau petunjuk teknis penggunaan aplikasi PMP sedang dikerjakan oleh tim aplikasi.



Kami kirimkan panduan kuesioner menyesuaikan komponen pertanyaan yang tersaji pada aplikasi. Format kuesioner manual ini berbeda dengan format dalam aplikasi dikarenakan format jawaban pada aplikasi diatur sedemikian rupa agar disajikan secara acak. Perubahan yang dilakukan adalah penjabaran kata vandalisme A1.13, penambahan kata tidak pada komponen A1.20, pengurangan jenis dokumen pada F5 untuk siswa, penambahan pertanyaan D6 dan A8 untuk komite dan menambahkan instrumen kurikulum pada Kepala Sekolah. Instrumen PMP dalam format lain juga tersebar melalui internet mohon diperhatikan pada komponen B6-B8 karena ada perbedaan pertanyaan sesuai jenjang pendidikannya. Silakan klik di tautan ini untuk mengunduhnya




Post a Comment