Back To Top

Permendikbud No 44 Tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan di Satuan Pendidikan Dasar

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS

Satuan pendidikan atau sekolah pada prinsipnya nirlaba atau tidak mencari keuntungan dalam penyelenggaraannya. Pengelolaan dana keuangan bisa dilakukan oleh sekolah secara mandiri dengan tujuan memajukan lembaga pendidikan khususnya serta kemajuan pendidikan secara umum.
Permendikbud No 44 Tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan di Satuan Pendidikan Dasar

Sekolah atau satuan pendidikan swasta boleh mengambil pungutan dan menerima sumbangan dari pihak luar sekolah seperti orangtua siswa, masyarakat maupun perusahaan sekitar sekolah haruslah memenuhi peraturan perundangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Oleh karena itu, maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Peraturan terkait pungutan dan sumbangan biaya pendidikan dalam satuan pendidikan dasar (khusus SD hingga SMP). Permendikbud ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 44 tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan di Satuan Pendidikan Dasar.


Silakan unduh Permendikbud nomor 44 tahun 2012 di link ini

Pada  saat  Peraturan  Menteri  ini  mulai  berlaku,  Peraturan  Menteri  Pendidikan dan  Kebudayaan  Nomor  60  Tahun  2011  tentang  Larangan  Pungutan  Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama  dicabut  dan  dinyatakan  tidak berlaku.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,