Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Registrasi SIM PKB

Apa itu guru pembelajar SIM PKB sudah kita bahas di beberapa post sebelumnya termasuk cara mendapatkan akun guru pembelajar untuk login, sebagian sudah dibagikan lewat MGMP-MGMP di daerah. Kali ini kami akan sharing cara mendapatkan akun SIM PKB lewat registrasi mandiri.

Update:
Untuk registrasi guru SIM PKB tahun 2017 dan seterusnya silakan menghubungi Ketua Komunitas PKB masing-masing kecamatan yakni ketua KKG ataupun MGMP.

Syarat untuk registrasi guru pembelajar adalah wajib tahu dulu nomor peserta UKG tahun 2015 lalu. Masih ingat? Sekedar mengingatkan, Nomor peserta UKG 2015 lalu terdiri dari 12 angka. Di awali dengan angka 2015, contoh 201503374153. Dibawah ini contoh kartu yang ada nomor peserta UKG nya. Bisa juga menggunakan nomor UKG tahun 2016.

contoh kartu peserta ukg 2015

Nah kalo sudah tahu nomor peserta UKG 2015, silakan masuk menuju link https://app.simpkb.id/akun/registrasi untuk mendaftarkan akun guru pembelajar.

registrasi SIM PKB
Cara Registrasi SIM PKB
Masukkan nomor peserta UKG 2015, Kemudian ketikkan tanggal, bulan dan tahun lahir, misalnya 17 Agustus 1976. Akan muncul pop kalender nya, seperti gambar di bawah, jangan lupa klik tangga lahir di kalender tersebut.

cara registrasi pendaftaran registrasi SIM PKB

Ingat Untuk penulisan bulan lahir, memakai bahasa Inggris. Karena kadang jika memakai bahasa Indonesia tidak muncul

Januari ketikkan January
Februari ketikkan February
Maret ketikan March
Mei ketikkan May
Juni ketik June
Juli Ketik July
Agustus ketik August
Oktober ketik October
Nopember ketik November
Desember ketik December

Jangan lupa klik pada kota "saya bukan robot" akan muncul tanda centang. Terkadang kita perlu verifikasi seperti gambar di bawah, centang sesuai perintah di atasnya. (disini disebut papan reklame)

registrasi SIM PKB

Setelah selesai klik register.  Jika salah memasukkan nomor peserta UKG 2015 maka muncul peringatan, nomor peserta UKG tidak valid. Jika sudah memiliki akun akan muncul  Akun SIM PKB berstatus Telah Registrasi.

Jika registrasi berhasil maka secara otomatis, file pdf akan terdownload dan akan muncul perintah cetak. Saran saya silakan simpan sebagai file pdf atau microsoft XPS Document Writer agar filenya jg tersimpan di komputer. Bisa juga dicetak langsung.

cara daftar guru registrasi SIM PKB

cara mendaftar sim pkb

Maka Anda akan dibuatkan akun dengan username 2015.........@guruku.id dan password. Simpan baik-baik password tersebut. Setelah anda mendapatkan akunnya silakan coba login di SIM PKB di alamat sim.gurupembelajar.id untuk melihat raport UKG 2015 lalu. Selain itu disini guru bisa juga tahu, diklat model guru pembelajar apa yang akan ditempuh nantinya.

registrasi SIM PKB

Setelah registrasi silakan langsung login, mungkin akan muncul pemberitahuan untuk mengupdate mengisi email alternatif dan nomor HP guru .


Jika registrasi tidak berhasil, hubungi Admin Guru Pembelajar di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/KKG/GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing, untuk meminta CETAK AKUN SIM PKB alternatif lainnya. Jangan kuatir yang gak bisa daftar, karena nantinya pasti dibuatkan oleh Disdik.


Related Posts