Back To Top

Permendikbud No 12 Tahun 2017 Mengenai Juknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Khusus dan Tambahan Penghasilan

Selamat Datang Di Web Info Guru dan Pendidikan

Telah terbit Permendikbud nomor 12 tahun 2017 mengenai petunjuk teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Khusus dan Tambahan Penghasilan bagi Pegawai Negeri Sipil Daerah. Tunjangan Profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada Guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya.
Permendikbud nomor 12 tahun 2017 mengenai petunjuk teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Khusus dan Tambahan Penghasilan bagi Pegawai Negeri Sipil Daerah

Permendikbud No 12 Tahun 2017

Tunjangan Khusus adalah Tunjangan yang diberikan kepada guru yang mengajar di daerah khusus

Sedangkan tunjangan tambahan penghasilan adalah sejumlah uang yang diterimakan kepada Guru yang belum menerima Tunjangan Profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Daerah Khusus adalah daerah yang terpencil atau terbelakang, daerah dengan kondisi masyarakat adat
yang terpencil, daerah perbatasan dengan negara lain, daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial,
atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain dan/atau pulau-pulau kecil terluar.

Pembahasan mengenai tunjangan khusus bisa dibuka di link Tunjangan Khusus Bagi Guru yang mengajar di daerah 3T.

Sedangkan masalah tunjagan tambahan penghasilan  bisa dibuka di tautan Tunjangan tambahan penghasilan bagi guru PNS Daerah.  

Dalam Permendikbud nomor 12 tahun 2017 ini memuat 3 lampiran mengenai mekanisme penyaluran dan kriteria guru yang bisa menerima ketiga macam tunjangan tersebut.

Satu yang mutlak adalah Data yang digunakan diambil dari dapodik yang bersumber dari sekolah yang kebenarannya dijamin oleh kepala satuan pendidikan. Nah bagi guru, maka rajin-rajinlah Cek Info GTK untuki memastikan kebenaran data yang telah diinput oleh operator dapodik.

Dengan terbitnya Permendikbud nomor 12 tahun 2017 ini maka Permendikbud nomor 17 tahun 2016 dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google