Back To Top

Cara Mengisi Tab PTK Dapodik 2013

Selamat Datang Di Web Info Guru dan Pendidikan
Langkah setelah pengisian data siswa dan tab sekolah adalah mengisi tab PTK (pendidik dan tenaga kependidikan). Pada dasarnya semua isian sama pentingnya, namun jika dilihat dari segi aspek tunjangan untuk PTK maka di sinilah letak urgennya. Jangan sembarangan mengisi data guru/pendidik terutama mereka yang sudah sertifikasi. Pengalaman yang sudah-sudah banyak operator yang kena semprot gara-gara SK Tunjangan profesi Guru tidak keluar. Yang disebabkan kesalahan penginputan data, terutama masalah besaran terima Tunjangan Profesi. (hehe udah dech yang lewat biarin aja dah).


Nah ke depan bagaimana agar kita operator serius dan teliti dalam mengisi isian PTK, silakan baca hal yang wajib disiapkan sebelum mengisi dapodik.
Baik mari kita ikuti tutorial cara mengisi tab PTK dapodik 2013

A. Tahap 1 melengkapi data dan update data PTK


Tahapan pertama pengisian di tab PTK adalah sebagai berikut :
  1. Pilih PTK dan klik menu UBAH
  2. Isi dan isian2 yg sdah disediakan di DATA PTK
  3. Jika sudah selesai klik SAVE
  4. Dilanjutkan mengisi data rincian PTK cek dan isi tab2 yg ada dirincian tersebut (silakan disesuaikan jika ada data terbaru)
  5. Setiap selesai 1 tab jangan lupa klik tombol SIMPAN
  6. Lanjutkan dengan PTK lainnya.




Cara Mengisi Tab PTK Dapodik 2013

MELENGKAPI DATA PTK INI HARUS SEMUANYA BAIK YANG SUDAH MUTASI ATAUPUN PENSIUN (apalagi yang berstatus PNS Harus lengkap riwayat kepangkatan dan KGB (Kenaikan Gaji Berkala-nya)

Data rinci yang sudah mutasi bagi pns dilengkapi utamanya RIWAYAT KEPANGKATAN dan KGB.
• Data rinci bagi NON PNS yg sudah mutasi/keluar tidak perlu diisi (tapi data PTK-nya harus di isi)

B. Tahap 2 menugaskan PTK yang masih aktif



Setelah menyelesaikan tahapan 1 di atas, kita lanjut mengisi data PTK, sebagian sudah saya bahas pada artikel cara mengisi data guru dapodik 2013, silakan dibuka artikel tersebut untuk penjelasan lengkapnya.

sedangkan jika PTK nya sudah tidak aktif lagi, baik karena tugas belajar, pensiun, atau mutasi hanya diubah bulan keaktifannya. (misalnya pensiun atau mutasi di bulan Oktober maka dicentang sampai September saja.


Cara Mengisi Tab PTK Dapodik 2013



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google