Back To Top

Persiapan Sebelum Menginstal Aplikasi Dapodik

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Sebelum operator sekolah  menginstal Aplikasi Dapodik di komputer/laptop, sudah seharusnya kita sebagai operator sekolah mempersiapkan bahan-bahan atau data-data. Hal ini perlu dilakukan mengingat pengerjaan aplikasi dapodik lumayan memakan waktu serta data-data yang diinput lumayan banyak. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain:

1. Menyiapkan komputer/laptop.


Siapkan komputer / laptop yang benar-benar sehat. Jangan sampai laptop kita mengandung virus/trojan/malware yang berbahaya yang justru menyulitkan kita nantinya. Uninstal aplikasi dapodik versi lama 4.00 maupun dapodik helper. Pastikan browser yang kita gunakan juga terbebas dari malware. Tanda browser yang terinfeksi malware salah satunya adalah adanya penampakan iklan saat kita membuka dapodik. Jika memang ada penyakit tersebut, sebaiknya instal ulang browser chrome/firefox.


2. Mendownload Installer aplikasi dapodik 2016


Aplikasi dapodik terbaru berbeda dengan sebelumnya, jadi kita harus mendownload Installer dapodik versi terlebih dahulu sebelum diinstal di komputer. Untuk mendownload silakan buka link dapo.dikdas.kemdikbud.go,id. (saat ini belum ada) Akan otomatis terdownload. Simpan baik-baik installer dapodik ini di komputer. Siapkan pula kode registrasi dapodik sekolah kita. Buka juga cara registrasi dapodikdas.
Unduh di tautan dapodikdas versi 4.10

3. Mempersiapkan dan mengedarkan pedoman dan formulir isian.


Pada dapodik sebelumnya lalu sebagian besar operator barangkali sudah pernah mengedarkan formulir isian ini, baik untuk sekolah, guru/pegawai/PTK dan untuk siswa. Untuk pengisian dapodik yang terbaru ini tentunya yang paling banyak dibutuhkan adalah formulir isian siswa, khususnya siswa kelas 1 dan pindahan. Jika ada kekurangan data sebaiknya edarkan ulang khususnya untuk Siswa. Karena pengalaman saya di tahun sebelumnya lalu, banyak orangtua siswa yang asal-asalan mengisi formulir isian untuk peserta didik. seperti masih kosongnya NIK (Nomor Induk Kependudukan) siswa, penghasilan orangtua, tinggi dan berat siswa, dan data penting siswa lainnya.

Untuk mendownload formulir siswa, PTK dan sekolah silakan masuk ke tautan formulir isian PD, F-PTK dan F-SEK. Atau untuk lengkapnya operator dapat mendownloadnya di sini

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengisi Aplikasi Dapodik 2013

Untuk PTK sendiri banyak yang belum memahami cara mengisi formulir dengan lengkap dan benar, walaupun manual cara pengisian sudah diberikan masing masing 1 untuk PTK/Guru, harap maklum, hehehe.

Yang tak kalah penting adalah kumpulkan juga data-data penting sekolah, sebenarnya ini sudah ada, namun tidak ada salahnya kita lengkapi jika masih ada kekurangan pada dapodik 2014. Data terkait sekolah bisa kita lihat pada laporan bulanan sekolah yang terbaru, seperti keadaan, kondisi, jumlah, sarana dan prasarana, data bantuan blockgrant yang pernah diterima. dll

4. Mengumpulkan berkas kepegawaian PTK.

Berkaitan dengan poin 3 di atas, sebagian Guru/PTK masih ada yang belum memahami bagaimana cara mengisi formulir isian dapodik untuk PTK dengan benar. Disinilah pentingnya berkas tersebut. Jika ada kesalahan atau kekurangan dalam pengisian formulir, maka operator sekolah bisa mencarinya di berkas PTK yang bersangkutan. Kurangnya berkas-berkas kepegawaian Guru/PTK menjadi kendala lain yang dihadapi oleh operator sekolah sehingga menghambat kerja operator sekolah. Ini pernah saya alami pada dapodik 2012 lalu, dimana sebagian guru/PTK, masih ada yang salah mengisi formulir, ditambah "malas" dan kurang lengkap memberikan berkas-berkas kepegawaiannya. Terlebih bagi guru yang sudah sertifikasi, tentu berkas mereka lebih banyak dibanding yang belum, misalnya Sertifikat Pendidik.

Berkas-berkas kepegawaian penting guru/PTK yang harus dikumpulkan antara lain (fotokopi):
  • SK awal (80%) untuk PNS, berkas pengangkatan awal untuk tenaga honorer
  • SK 100% untuk PNS
  • SK sertifikasi / sertifikat pendidik
  • Kartu Keluarga
  • SK KGB (Kenaikan gaji Berkala dari awal sampai yang terbaru) untuk PNS
  • SK Kenaikan Pangkat awal sampai yang terbaru (untuk PNS)
  • Email masing-masing PTK, bisa dibuatkan PNSmail , email gmail, ataupun yahoo mail
  • SK Jabatan Fungsional (untuk Guru)
  • SK pembagian tugas tahun ajaran terakhir
  • Nomor Registrasi Guru, dan nomor peserta Sertifikasi khusus yang sudah ikut sertifikasi  
  • Ijazah SD sampai pendidikan terakhir dan catatan jika sedang menjalani kuliah
  • Sertifikat-sertifikat pelatihan yang berhubungan dengan Tupoksi
  • Piagam-piagam penghargaan
  • SK INPASSING (untuk honorer GTT yang sudah sertifikasi)
  • Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Kartu / Nomor NUPTK

Pelajari juga manual aplikasi dapodikdas  2016 secara mandiri, agar nantinya kita sebagai operator bisa memahami alur kerjanya. Database dapodik sebelumnya dulu masih ada berupa file prefill dapodik yang bisa kita download setelah mendapatkan kode registrasi.
Itu aja dulu yee, kalau ada kekurangan silakan ditambahkan.... hehehe.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



4 komentar

Postingan yang bagus. :)
Makash atas Informasinya.
Ditunggu kunbalnya Http://imamarifind.blogspot.com :)

tulisan, yng sangat bagus dan bermanfaat