Back To Top

Banyak Guru SD Tak Paham Ilmu Pendidikan

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Banyak guru di Indonesia berlatar belakang pendidikan non-keguruan. Padahal, menjadi guru tidak hanya membutuhkan penguasaan bidang ilmu masing-masing, melainkan berbagai ilmu pendidikan, khususnya bagi guru SD.
Rektor Universitas Kristen (UK) Petra, Surabaya, Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc.Dr.Eng, menjelaskan, pendidikan strata-1 memang memberikan penguasaan bidang ilmu masing-masing, namun tidak memberikan dasar pemahaman yang kuat mengenai berbagai hal mendasar yang dibutuhkan di SD.
"Misalnya, pemahaman tentang tahap perkembangan anak termasuk berkebutuhan khusus, pengasuhan anak, cara penyampaian materi pelajaran pada anak, serta transformasi karakter anak didik," kata Rolly, Kamis (24/12/2015).

Menanggapi hal ini, Fakultas Ilmu Pendidikan UK Petra terpanggil untuk menjawab kebutuhan menghadirkan pendidik-pendidik yang beriman, berintegritas, berkualitas, berkarakter dengan komitmen profesional, yang berdedikasi untuk menerapkan nilai-nilai sebagai panggilan hidupnya demi melayani generasi muda, menjadi berkat bagi bangsa dan negara Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 47/QPT/I/2015 tertanggal 15 September 2015, UK Petra pun membuka satu program studi (prodi) baru di penghujung 2015 yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG SD).

Prodi PGSD ini dijadwalkan memulai perkuliahan pada September 2016. Para mahasiswanya akan menempuh studi selama delapan semester. Rolly menjelaskan, sistem kuliahnya tidak hanya secara text book tetapi memberikan juga keterampilan penelitian inovatif dan kreatif yang berbasiskan pembelajaran peduli pada sesama (service learning).

"Diharapkan, lulusan prodi PGSD di UK Petra menjadi guru-guru dengan kemampuan akademik, emosional, dan spiritual excellent," tuturnya. Selain prodi PGSD, dalam waktu dekat UK Petra juga akan mendapatkan izin operasional dari Kemristekdikti untuk Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Strata 2 (S2) Teknik Industri, dan Strata 3 (S3) Teknik Sipil.
"Pendidikan usia dini sangat penting, sebab kualitas bangsa bermula dari umur emas. PG PAUD UK Petra ini menjawab tantangan kebutuhan pendidik yang berkualitas yang siap untuk berkarya di seluruh pelosok Tanah Air," tandas Rolly. okezone.com


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google