Back To Top

Langkah Mengikuti Pembelajaran GP Moda Daring

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru LANGKAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING

Memang sih agak rumit juga kalau berbicara masalah guru pembelajar moda daring apalagi guru yang gaptek, jarang menggunakan internet apalagi jika tidak pernah memegang mouse komputer. Mentor Yang terbiasa facebookan pun masih banyak yang tidak paham. Disini admin akan coba memberikan langkah-langkah dalam mengikuti pembelajaran di guru pembelajar moda daring.


Sumber: Akun Reni Ronasari

1. Buka kelas saya, kemudian untuk mempermudah klik "BUKA SEMUA SESI"

maka akan terbuka beberapa bagian di tiap sesi. Di bawah sesi ada beberapa bagian sesi yang bisa dibuka dengan cara di klik. kemudian ada kotak kecil di sebelah kanan nya.

2. Klik bagian sesi tersebut satu persatu secara berurutan dari awal (INGAT Jangan LONCAT2). Pahami materi yang ada di bagian sesi tersebut (bagian sesi kadang terdiri dari beberapa halaman, pahami seluruhnya). Jika Bapak Ibu sudah membuka dan mempelajari semua bagian sesi, maka otomatis kotak yang kecil tersebut TERCENTANG. Itu artinya Bapak Ibu sudah ikuti pembelajaran. Lanjutkan ke bagian sesi berikutnya.

3. Sesi 1-4 adalah materi pembelajaran, dalam materi pembelajaran biasanya ada:

Contoh sesi dalam kelas GP daring TK modul Kompetensi A

a. pengantar sesi (merupakan petunjuk mengikuti sesi tersebut)

b. kegiatan pembelajaran (berupa materi yang harus dipahami)

c. forum (dalam forum biasanya ada pertanyaan/kasus terkait materi yg harus Bapak ibu pecahkan atau tanggapi. Berikan jawaban, terhadap pertanyaan atau kasus tersebut. Kemudian berikan tanggapan/komentar terhadap jawaban rekan sebanyak 2 orang)

d. Lembar Kerja_ LK biasanya terdapat di bahan rujukan (LK tersebut WAJIB Bapak Ibu kerjakan, dengan cara : unduh terlebih dahulu (dgn cara diklik) - kerjakan LK tersebut (biasanya setelah di unduh bisa dibuka di file download di komputer Bapak Ibu) - Setelah dikerjakan (bisa secara offline) ganti nama file nya dengan format : LK (spasi) no LK (spasi) nama peserta Contoh: LK 1.2 Yeni Rosnasari. Untuk mempermudah pengelolaan file Bapak ibu diharapkan menyimpan semua file LK dalam satu file di komputer Bapak Ibu agar tidak terpisah2.

LK = Lembar Kerja

Kemudian Meng upload LK caranya: buka e-portopolio (e-portofolio merupakan kumpulan tugas Bapak Ibu yg bisa ditemukan di menu atas di bawah blog refleksi) kemudian klik tombol "Add Contribution" (ada di bawah sebelah kiri)- pilih file LK yg akan d upload- isi titel dengan materi LK- isi konten dengan penjelasan singkat LK- klik Update Contribution untuk mengirimnya.
LK yang Bapak Ibu sudah dikerjakan dan di Upload akan diberi umpan balik oleh Pengampu, maka dari itu selalu cek e-portopolio Bapak Ibu

f. Chat sesi_ merupakan sarana berkomunikasi dengan kawan dan pengampu untuk mendiskusikan masalah, berbagi pengalaman terkait materi sesi tersebut.

g. Bahan rujukan_ adalah bahan bacaan pelajaran (biasanya berbentuk file pdf, video, word dll) yang bisa diunduh untuk lebih memahami materi. Disini juga terdapat file LK yg harus di kerjakan

h. Blog Refleksi_ adalah sarana untuk menceritakan pengalaman, kesan, keluhan atau pesan yang Bapak Ibu alami selama melakukan aktivitas pembelajaran di sesi tersebut.


i. Umpan Balik Sesi_ adalah untuk mengukur reaksi proses pembelajaran berupa "kepuasan peserta" melalui pengisian instrumen smiley face. Evaluasi ini diberikan setelah menyelesaikan 2 sesi pembelajaran, yang hasilnya digunakan untuk perbaikan pembelajaran pada sesi berikutnya.

j. Penilaian diri_ Bapak Ibu harus menilai sendiri hasil pekerjaan yang telah diselesaikan sesuai dengan rubrik yang disediakan

k. Tes Sumatif_ tes di akhir tiap sesi untuk mengukur pemahaman Bapak Ibu terhadap Materi (tes sumatif mempunyai durasi waktu, dan hanya bisa dilakukan satu kali/tidak bisa diulang)

l. Permainan Apersepsi_ adalah permainan yg bisa dikerjakan Bapak Ibu terkait materi

j. Videocall_ ini wajib Bapak Ibu ikuti. Juknisnya WAJIB Bapak Ibu baca juga hehe....

Mungkin itu sedikit langkah mengikuti Pembelajaran. Sesungguhnya jika Bapak ibu buka setiap sesi secara berurutan dan dibaca sungguh2, disana sudah terdapat langkah2 kegiatannya. Untuk itulah kenapa Bapak Ibu perlu memahami semua alur kegiatan.

Bagi Bapak ibu, jangan dulu merasa bingung dan stressss. Kita ikuti saja alurnya, niatkan ikhlas ibadah insyaalloh tidak akan terasa berat. Insyaalloh juga saya bantu, mari kita belajar bersama. Tetap Semangat, dan semoga kita semua selalu sehat agar kegiatan pembelajaran kita lebih lancar.... dan SALAM GURU PEMBELAJAR


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google