MATERI PEMBELAJARAN/WORKSHOP PLPG
Materi PLPG disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru, yaitu: (1) pedagogik, (2) profesional, (3) kepribadian, dan (4) sosial. Pembelajaran atau materi saat PLPG secara umum bisa disebutkan sebagai berikut.:
MATERI PEMBELAJARAN/WORKSHOP PLPG
plpg 2015

Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
Materi ini meliputi: (1) pengembangan pribadi berkarakter, antara lain: (a) citra diri positif, (b) etika, (c) etos kerja, (d) komitmen, dan (e) empati; (2) penilaian kinerja guru (PKG); dan (3) pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru.

Materi Konsep Kurikulum; Materi ini mencakup pengorganisasian kompetensi dan struktur
kurikulum, baik untuk SD, SMP, maupun SMA/SMK, namun harus ditekankan pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan tempat tugas mayoritas peserta pada rombel PLPG itu.

Pendalaman Materi Bidang Studi dan Strategi Pembelajaran; Materi yang diberikan disesuaikan dengan kompetensi awal guru dan strategi pembelajarannya disesuaikan dengan kondisi peserta
PLPG.

Materi Penelitian Tindakan Kelas; Materi PTK diberikan untuk membekali peserta PLPG dalam menyusun rancangan proposal PTK, mencakup:(1) pendahuluan; terdiri atas latar belakang, rumusan
masalah, dan tujuan penelitian, (2) kajian teori sekurang-kurangnya butir-butir variabel yang akan
ditelaah, (3) metode penelitian sekurang-kurangnya setting penelitian, subjek, tempat  dan waktu, rancangan penelitian, dan teknik analisis data.

WorkshopPengembangan dan Pengemasan Perangkat Pembelajaran ; Materi workshop adalah pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil analisis KD yang  diminati oleh peserta.

Baca Tata Cara Pelaksanaan PLPG Bagian 1
Bersambung Ujian Kompetensi diakhir PLPG
Buka juga modul PLPG

Post a Comment