Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Download Dapodikdasmen 2019 dan Dapodik PAUD Versi 3.3.0



Dapodik, merupakan aplikasi data pokok pendidikan yang kadang bikin pusing operator tapi juga sangat dirindukan dan dinantikan kehadirannya setiap pergantian semester maupun tahun ajaran baru. Bikin pusing karena erat kaitannya dengan tunjangan profesi guru dan aplikasi pengikut alias anak-anaknya lah yang membuat operator mumet, seperti aplikasi PMP, verval PD dll...

Sudah setengah bulan tahun ajaran baru 2018/2019 berjalan, namun belum ada kabar kapan peluncuran dapodik terbaru. Namun berdasarkan informasi yang mimin dapatkan dari admin dapodik kabupaten bahwa aplikasi dapodik akan dirilis pertengahan Agustus 2018 ini atau sekitar 17 Agustus 2018. Bagi yang bertanya-tanya kapan dirilis dapodik terbaru, tuh udah mimin kasi tahu, benar enggaknya silakan cari info lanjutan aja yaah...

download dapodikdasmen 2019
Persiapan Rilis Dapodikdasmen 2019

Sehubungan peluncuran aplikasi dapodik terbaru yang akan dinamakan Dapodik 2019, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan operator dan hal penting dan yang terbaru yang perlu diketahui oleh operator.

Pertama, Dapodik 2019 menggunakan fresh installer, artinya menggunakan installer terbaru, dan aplikasi yang lama harus diuninstal. Nah sebelum menghapus aplikasi terdahulu, jangan lupa, ingat, catat dan simpan baik-baik kode registrasi. Karena instalasi pasti membutuhkan Kode Registrasi, malu lah kalau nanya yang lain, kode registrasi dapodik punya sekolah sendiri. Lupa kode registrasi sering terjadi, maka itu perlu mimin ingatkan kembali disini. Kalau sekarang lupa, silakan buka link Cara mengetahui kode registrasi dapodik.

Ada beberapa pembaharuan dalam aplikasi dapodik diantaranya  bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini;



perubahan fitur mekanisme dapodikdasmen 2019


Bagi operator dapodik khususnya di tingkat SD persiapkan saja data lengkap nama siswa. Pastikan dan teliti  penulisan biodata siswa sesuai dengan akta kelahiran siswa yang bersangkutan. Belum diketahui apakah siswa kelas 1 SD menggunakan teknik penarikan data dari sekolah asal TK atau tarik online. (kalau SMP udah jelas ya tarik online). Memang kalau siswa sekolah TK dan lulus bisa ditarik online kalau mekanismenya seperti itu, namun jika siswa yang  tidak pake TK tentu harus input/ketik manual ke aplikasi dapodik.

Dapodikdasmen 2019



Nah demikian, silakan dibaca sendiri-sendiri ya tulisan yang ada dalam gambar,


download dapodikdasmen 2019

Dapodik PAUD Versi 3.3.0


Dapodik PAUD versi 3.3.0 juga belum dirilis, karena tim teknis aplikasi sedang mempersiapkan aplikasi dapodik PAUD dan DIkmas terbaru untuk tahun ajaran 2018/2019.

Ada beberapa perubahan dalam aplikasi dapodik PAUD 2018 versi 3.3.0 yakni:
Pengaktifan Registrasi Offline
Pengaktifan Sinkronisasi Offline
Penghilangan tombol Tambah PTK
Menonaktifkan fitur penugasan, untuk diinput di manajemen dapodik
Menonaktifkan beberapa inputan di PTK,  untuk diinput di manajemen dapodik

Dapodik PAUD Versi 3.3.0

Dapodik PAUD Versi 3.3.0
Fitur Registrasi offline dan Sinkronisasi offline hanya untuk daerah tertentu yang sudah ditentukan oleh Ditjen PAUD DIkmas Kemdikbud, dan harus selaras, artinya, jika Aplikasi diregistrasi secara offline maka sinkronisasi pun harus dilakukan secara offline.

Related Posts