Back To Top

Memasukkan prefill dapodik di folder Prefill Dapodik (drive :C)

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Setelah proses instalasi dapodik dan pengaturan waktu di komputer selesai, langkah selanjutnya adalah mendownload prefill dapodik lalu memasukkkan file prefill dapodik tersebut di komputer. Darimana kita mendapatkan prefill dapodik 2016? Prefill dapodik dapat di download di alamat http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen atau buka link cara download prefill dapodik


Gambar diatas merupakan prefill dapodik hasil unduhan, tempatnya di drive D, prefill ini harus di pindah ke drive :C dalam folder bernama prefill_dapodik, lihat caranya di bawah.

Urutan langkah-langkah memindahkan file prefill dapodik:


1. Download prefill lihat caranya di link cara generate prefill dapodik. Simpan prefill yang telah didownload baik-baik di komputer, terserah mau di drive D atau C, yang pasti nantinya file ini wajib kita pindahkan ke drive C. pada proses selanjutnya.

2. Proses memasukkan prefill dapodik ke komputer

memindah fil prefill dapodik ke C
  • Buat dahulu folder di Drive C komputer (caranya klik kanan > New > New Folder)
  • Ubah nama folder tersebut menjadi prefill_dapodik (untuk mengubah nama folder klik kanan pada New Folder klik rename) 
  • Kemudian pindahkan file prefill yang telah didownload ke dalam folder  prefill_dapodik
  •  lihat gambar di bawah telah dibuat Folder di drive C dengan nama prefill_dapodik, Buka Folder tersebut dan masukkan file prefill yang telah didownload ke dalam folder tersebut. 
  • Selesai
Langkah berikutnya barulah kita lakukan registrasi dapodik secara offline



Tips tambahan 

Cara memindah sebuah file di komputer

 
1. Jika ingin menggandakan adalah dengan copy, arahkan mouse ke file/folder klik kanan lalu klik copy, cari folder/drive yang ingin dimasukkan file, lalu klik paste. Data akan menjadi banyak/ganda.


2. Jika ingin memindah, bisa tinggal menggeser, klik kiri pada file, tahan, tarik/geser dan arahkan ke file yang diinginkan.

3. Jika ingin memindah cara lainnya adalah klik kanan > cut  atau copy> arahkan pointer mouse pada folder> paste pada folder yang diinginkan. Atau buka folder yang diinginkan klik kanan, paste.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



3 komentar