Back To Top

Rekap/Laporan Koreksi Data Tunjangan Profesi

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Masih ada guru atau operator yang bingung? Apaan sih laporan koreksi data ini. Laporan Koreksi Data Tunjangan Profesi ini didapatkan dari operator SIM tunjangan kabupaten berupa file microsoft excel dimana didalamnya terdapat nama-nama guru/PTK yang bermasalah di aplikasi dapodik maupun mereka yang sudah di titik aman atau sudah dalam tahap siap dikeluarkan SK tunjangan profesi. Di sini juga ada nama-nama guru yang sudah keluar SK tunjangan fungsional non PNSnya.

Untuk rekap Tunjangan profesi tahun 2015 bisa di buka di Progress rekap SKTP 2015

Ini berbeda dengan daftar kuota dan nominasi yang dipublikasi oleh P2TK beberapa minggu yang lalu. Di sana tidak memuat nama.

Baiklah akan saya jelaskan apa saja di dalamnya berikut hal yang perlu diperbaiki jika ada masalah. yang jelas file ini didapatkan dari OP simtun Kabupaten/kota. sebaiknya guru ataupun operator harus tahu dan memintanya ke operator sim tunjangan. Sebagai salah satu alternatif sulitnya mengakses atau mengecek lapor tunjangan dikdas atau lembar info guru

1. Buka file excel

2. perhatikan tab tab di bawah filenya, antara lain memuat Belum Update data, masih Edit data, Siap SK, Siap diusulkan, perlu perbaikan dapodik, perlu perbaikan data kelulusan, sudah sk, tidak aktif dll.


a. Belum Update Data.


Nama-nama yang muncul di sini saya belum bisa memastikan apa sebabnya, namun saya hanya bisa menerka saja. karena saya juga belum dapat penjelasan n info dari op sim tun n kkdatadik kabupaten. Di kolom ujung hanya muncul "catatatan" > Tidak terdaftar di dapodik. Bisa jadi karena yang bersangkutan tidak diinput dalam aplikasi dapodik, dgn berbagai alasan, misalnya kuliah keluar daerah, meninggal dll. Tidak kirim dapodik baik via sinkronisasi maupun BSD. karena pada kolom tempat tugas KOSONG. Apa yang harus dilakukan, silakan cek aplikasi dapodik, kerjasamalah yang baik dengan operator dapodik.



b. Masih Edit data.


Nama anda muncul di sini karena ada kesalahan pengisian dapodik maupun mereka yang:
belum menginput dapodik semester 2, kemudian kirim BSD
  • JJM liner kurang (tidak linier) 
Kasus banyak terjadi pada kepsek dimana pengisian mata pelajaran wajib tambahan salah, kurangnya jam mengajar kepsek, guru belum dimasukkan dalam tab pembelajaran. termasuk jam tambahan jabatan wakil kepala sekolah yang belum diakui.

  • NIP masih memakai NIP lama di profil PTK ybs (yang ini agak membingungkan juga sih padahal di form excel sudah benar 18 digit)
  • Jika NIP tidak sinkron berarti ada kesalahan input tanggal lahir.
  • Tidak ada sekolah induk (tidak dicentang di tab penugasan PTK)
  • Status kepegawaian tidak jelas artinya tidak di isi di aplikasi. 
  • Murid belum terdaftar di rombel karena nama-nama siswa belum dimasukkan ke dalam rombel
nama-nama guru penerima tunjangan profesi yang masih bermasalah dapodik dan tidak bisa keluar sktp nya.. lapor rekapitulasi koreksi data tunjangan profesi 2014

Kasus yang paling banyak terjadi adalah belum mengisi JJM semester 2 dan kasus kepsek SD/SMP yg JJM tidak linier, (tidak sesuai isian dengan sertifikat pendidik / kode sertifikasi)
Silakan buka aplikasi buat operator perbaiki datanya. Buat PTK hubungi Operator, jalin kerjasama yang baik, ingat jangan menyalahkan operator yaa? kenapa? silakan baca artikel lain saya di sini


c. Siap SK


Nah jika nama Anda masuk di kolom ini, berarti anda aman, tidak ada masalah dan dana tunjangan profesi siap cair bulan april nanti, jangan lupa sama operator yee? hehehe Pisss


d. Sudah SK


Nama yang tertera dalam kolom ini khusus untuk penerima tunjangan profesi non pns. data terbaru PNS yang dulu berstatus 'siap sk' sekarang berstatus sudah SK, Mereka yang sudah sudah SK tinggal menunggu pencairan saja.


e. Tidak aktif


Yang tidak aktif disini adalah karena alasan meninggal, pensiun, maupun yang mereka sudah pindah tugas dan tidak menjadi guru lagi, otomatis sudah tidak berhak mendapatkan tunjangan profesi.

f. Tab tab lainnya.


Untuk tab lainnya seperti Siap diusulkan, perlu perbaikan dapodik, perlu perbaikan data kelulusanakan dll, akan saya update penjelasannya nanti, karena masih kosong, kemungkinan akan ada data berubah di bulan Juni/Juli 2014 ini, jika masih ada yang belum kirim dapodik beserta perbaikannya.

Kesimpulan;

Jika nama Anda masuk dalam kategori masih edit data, belum update data, tidak aktif maka SKTP tidak bisa keluar, jika tidak keluar maka  tidak akan cair tunjangan profesinya. Segera lakukan pembenahan data dapodik. jika sdah dibenahi, tidak serta merta data anda 'siap SK atau sudah SK' tunggu SKTP tahap kedua Juni nanti, karena saat ini P2TK udah menutupnya. 
Perbaikan data saat ini masih menggunakan aplikasi BSD tidak memakai sistem sinkronisasi dapodik dan back up bisa dikirim ke bsdapodik@ymail.com
bsdhelper@ymail.com bsddapodik@yahoo.com bsdhelper@yahoo.com (langsung ke pusat) atau hubungi op simtun kabupaten kota hingga bulan Mei 2014
.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



2 komentar

Di sekolah saya dengan ada seorang PTK yang menjadi guru honor disekolah kami sejak 1999. Dan lulus sertifikasi tahun 2007. Namanya : KETUT HARLINI, NRG: 072088132065 dan Kelahiran : 31 Desember 1966. Penghargaan dari pemerintah yang berupa uang sertifikasi yang terakhir diterimanya adalah semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Untuk semester berikutnya Hingga sekarang dia tidak pernah memperolehnya lagi.
Setelah mempelajari LEMBAR INFO PTK (LTD) bersangkutan, operator dapodik tingkat 2 kabupaten memberi informasi bahwa penyebabnya karena nama PTK tersebut pada rincian DATABASE NUPTK tertulis KETUT HARLIHI. Sementara pada rincian DATA INDIVIDU BERDASARKAN DAPODIK dan juga pada rincian STATUS DATA KELULUSAN SERTIFIKASI PENDIDIK namanya tertulis KETUT HARLINI. ( Nama yang tertera pada kartu NUPTK yang dia miliki sejak dulu hingga sekarang , termasuk di semua ijazah dan juga surat, sertifikat/dokumen-dokumen penting adalah KETUT HARLINI.) Karena pada namanya ada beda satu hurup itulah yang membuat di LEMBAR INFO PTK nya selalu ada kata BELUM VERIFIKASI SK GTT./ BELUM VERIFIKASI GTT .
Pada bulan Desember 2014 Pihak terkait dari Kantor Dinas Dikbud menyatakan bahwa mereka sudah melaporkan masalah tersebut kepada pihak berwenang . dan Mereka tidak bisa menjamin kapan laporannya akan ditanggapi oleh pihak terkait di jakarta. Hingga bulan April 2015 ini ternyata di LEMBAR INFO PTK nya keadaannya tetap belum ada perubahan. Pihak dari kantor dinas pendidikan lombok barat menyarankan agar langsung datang ke jakarta sambil membawa surat beserta dokumen penting terkait kalau ingin masalah ini selesai dalam satu hari.
Masalahnya untuk pergi ke Jakarta tentu perlu dana yang tidak sedikit bagi PTK tersebut. Tambahan pula dia tidak tahu seluk beluk jakarta. Akhirnya hingga kini dan entah kapan masalahnya ditanggapi oleh mereka di Jakarta. Siapa bisa bantu ….?

INI KISAH NYATA SAYA JADI PNS.Terimakasih kepada Bpk. Drs DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah SK Saya Tahun ini Bisa keluar. Teman Teman2 yg ingin seperti Saya silahkan Anda Hubungi Direktorat Pengadaan PNS, Drs DEDE JUNAEDY .No Tlp; 0852 0105 3335.