Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Petunjuk Mengerjakan Soal Seleksi Kemampuan Akademik

Pretest dalam rangka menjaring calon peserta PPGJ tahun 2019-2022 akan segera dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan. Proses pendaftaran akan dibuka mulai 30 September 2019, sehingga bagi guru yang belum sempat mendaftar diharapkan agar segera mendaftar. Pada kesempatan ini admin info guru akan berbagi petunjuk singkat dalam mengerjakan sola pretes nanti. Bagi yang sudah pernah UKG khususnya UKG online sepertinya cukup familiar, dimana guru mengerjakan soal-soal lewat komputer yang didalamnya terdapat aplikasi soal UKG tersebut. Namun bagi guru yang belum pernah, lupa ataupun tidak terbiasa dengan layar komputer bisa jadi akan canggung dan kebingungan.


Pretes 2018 akan dikerjakan secara online, adapun saat mengerjakan diberi jumlah soal dan waktu yang dibatasi dalam mengerjakannya. Berikut ini beberapa gambaran perihal pelaksanaan pretes PPGJ tahun 2018 tersebut.

Tampilan awal aplikasi pretest 2018, guru peserta pretes akan diberikan akun login oleh admin/panitia berupa ID ujian (bisa jadi berupa no UKG tahun 2015/2016) dan Token validasi untuk login tersebut. Token bisa didapat juga saat guru melihat jadwal pretes di SIM PKB

login pretes ppgj Soal Seleksi Kemampuan Akademik

cara mengerjakan soal Soal Seleksi Kemampuan Akademik

Terdapat 4 Sub mata ujian yakni Profesional (sesuai Mapel/Bidang Studi), Pedagogik, Tes Potensi Akademik, dan soal tes Minat dan Bakat. Nantinya kita bisa latihan mengerjakan dulu, namun itu tergantung arahan dan petunjuk admin. Pilih/Klik pada Sub ujian pretes pertama, yakni pedagogik (mapel) kemudian Klik Ikut Ujian. Akan muncul tampilan konfirmasi mengikuti ujian/pretes seperti gambar di bawah, lalu klik ikut ujian.

mapel bidang studi pretes 2018
petunjuk cara mengerjakan soal pretes
jenis soal pilihan ganda dan esai dalam pretes Soal Seleksi Kemampuan Akademik

Tahap berikutnya pada soal pilihan ganda, peserta pretes tinggal menekan huruf, A, B, C, atau D untuk memilih jawaban yang dianggap benar. Tekan tombol spasi/space untuk melihat dan menjawab soal berikutnya, atau tekan tombol backspace untuk melihat soal sebelumnya. Jika ada soal essay, maka cara mengerjakannya seperti tampilan di bawah ini.

Cara mengerjakan soal essay pretes Soal Seleksi Kemampuan Akademik
Cara mengerjakan soal essay pretes
Bapak Ibu yang canggung dengan Keyboard komputer, tidak perlu takut salah, karena hanya 14 tombol yang berfungsi nantinya, yakni 


  • Tombol A atau B atau C atau D  untuk memilih jawaban
  • Tombol R untuk meRefresh layar monitor
  • SPASI untuk membuka  soal berikutnya
  • BACKSPACE untuk membuka soal sebelumnya 
  • Tanda plus (+) untuk memperbesar tampilan layar monitor
  • Tanda minus (-) atau tombol   untuk memperkecil tampilan layar monitor
  • Angka nol (0) menormalkan tampilan layar monitor
  • Tanda à ß untuk menggeser layar monitor ke : kiri-kanan-atas-bawah


Setelah selesai mengerjakan sub mata ujian pretes, maka tampilan akan kembali ke awal atau halaman login, silakan masukkan ulang ID ujian dan token.

petunjuk soal Soal Seleksi Kemampuan Akademik

petunjuk mengerjakan Soal Seleksi Kemampuan Akademik

Tanda sub mata ujian,
Kuning : Telah Selesai Diujikan
Putih : Belum Diujikan
Biru: Akan dipilih untuk Diujikan

Nah demikian tadi sedikit informasi petunjuk cara mengerjakan soal ujian pretes  yang akan dilaksanakan nanti, ada baiknya Bapak Ibu mempelajari terlebih dahulu kisi-kisi soal pretes maupun contoh soal pretes/UKG. Apa bedanya pretes dengan UKG, intinya sama saja, yang berbeda cuma soalnya. Hehehe.

Yang perlu bapak ibu ketahui dan ditegaskan kembali, pretes 2019 ini ditujukan untuk menjaring calon peserta PPGJ untuk tahun 2020 s/d 2022. Jika nilai peserta tinggi, misalnya 80, ada kemungkinan ada kebijakan bahwa nilai tersebut akan jadi acuan untuk didahulukan mengikuti PPGJ, selain usia, daerah khusus serta masa kerja.

Nah silakan dishare di FB untuk menyimpan artikel ini di profil FB bapak ibu sekalian. Atau klik tombol share di bawah bisa lewat WA, FB, Twitter dll.


Related Posts