Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Istilah/Akronim dalam Guru Pembelajar

Sudah beberapa artikel kita bahas masalah guru pembelajar, sebagian rekan mungkin sudah bisa memahami apa itu guru pembelajar. Kali ini admin info guru akan menulis mengenai istilah-istilah dalam program guru pembelajar khususnya moda daring/kombinasi. Istilah/akronim ini nantinya barangkali akan rekan guru temui dalam diklat guru pembelajar nanti.

Admin Kelas  = Tenaga teknis yang ada di UPT, yang menangani LMS

Coorporate Social Responsibility (CSR)  =  Tanggung jawab sosial dari perusahaan yang ikut mendanai program GP Daring

Dapodik GTK
=   Data pokok pendidik yang ada di Direktorat GTK
Daring  =  Dalam jaringan (internet) / online
Difabel  =  Orang yang memiliki kebutuhan khusus
Ditjen GTK    Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Efektifitas    Suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai
effect size    Besarnya pengaruh proses pembelajaran terhadap capaian hasil belajar
e-portfolio    Wadah di dalam LMS yang digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas

GP moda daring kombinasi   = Model pembelajaran bagi guru secara daring dan tatap muka
GP moda daring    =  Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring

GP moda daring – Model 1 =  Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu

GP moda daring – Model 2    Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan mentor secara daring

Guru Pembelajar (GP)    Program pembelajaran bagi guru sebagai salah satu bagian dari Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan

Interaksi asynchronous    Interaksi yang terjadi pada waktu yang tidak bersamaan
Interaksi synchronous    Interaksi yang terjadi pada waktu yang bersamaan

KCM    Kriteria Capaian Minimal

Komunitas Pembelajar    Sekelompok guru yang melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui diskusi, berbagi informasi, berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar
Konstruktivisme sosial    Teori belajar yang memandang bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial
Koordinator Admin    Tenaga teknis yang ada di UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan GP moda daring

Learning Management System (LMS)    Sistem manajemen pembelajaran secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard

Log activity    Rekaman kegiatan dalam sistem
Luring    Luar jaringan (internet) /offline

Mentor    Guru yang membimbing peserta dalam GP moda daring kombinasi
Pengampu    Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam GP moda daring

Peserta    Guru yang menjadi peserta Guru Pembelajar
Pusat Belajar (PB)    Tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada GP moda daring kombinasi

Refleksi     Memikirkan ulang dan menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan rencana aksi tindak lanjut pembelajaran

Relevansi     Kaitan atau hubungan antara kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat kerja

smiley face    Instrumen untuk mengukur reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”

Surel    Surat elektronik yang biasa dikenal dengan email

Tagihan    Seluruh tugas yang harus diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah dan dibagikan ke pengampu dan atau mentor, tes sesi dan tes akhir.

t-test    Uji statistik (parametrik) berdasarkan perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses pembelajaran

UKG    Uji Kompetensi Guru
UPT    Unit pelaksana teknis mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan GP moda daring


Related Posts