Back To Top

Action Menu Lanjutkan Semester, Membuat Rombel Otomatis di Dapodik

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Salah satu elemen penting dalam dapodik adalah masalah rombel. Sejak awal peluncuran dapodik, masalah ini merupakan hal yang cukup serius dan tidak sedikit operator yang kesulitan, apalagi dalam pengaturan JJM. Di awal ini kita akan membuat rombel sebelum loncat ke masalah JJM/Pembelajaran di rombel.

Membuat rombel bisa dilakukan secara manual artinya satu persatu. Seperti dalam tulisan sebelumnya membuat rombel di dapodik. Namun dalam dapodikdas versi baru ini ada cara yang lebih cepat dan mudah yaitu memanfaatkan "action menu" di tab Rombel.

Dalam setiap tab ada action menu yang bisa dimanfaatkan operator agar pekerjaan menjadi lebih cepat. Nah dalam tab rombel ada pula action menu yang secara cepat dan otomatis membuat rombel termasuk memasukkan anggota rombel dan guru kelas rombel tersebut, hanya saja wajib kita sesuaikan/ubah nantinya.



Nah untuk memulainya silakan masuk ke aplikasi dapodik
Klik Tab Rombongan Belajar > Klik Action Menu > Pilih Lanjutkan Semester

cara membuat rombel lebih praktis dan cepat di dapodik versi 3.00. cara menggunakan action menu kenaikan kelas di tab rombongan belajar
membuat rombel dapodikdas 2014
Pilih kelas satu per satu
Klik panah kecilnya, Pilih salah satu kelas, misalnya 1C disini, lalu klik save and close setelah muncul pilih jenis rombel.

Artinya dengan melakukan ini kita sudah secara otomatis membuat rombel kelas 2C berikut seluruh peserta didik, dan wali/guru kelasnya. Untuk pembelajaran di kelas, di isi ulang satu persatu.


Catatan:
Membuat rombel cara ini dilakukan jika tidak terjadi pengacakan siswa saat naik ke kelas selanjutnya. Jika diacak, maka kita wajib membuat rombel secara manual/satu persatu dan memasukkan anggota rombel juga secara manual.
Demikian cara membuat rombel di dapodik versi 3.02 yang cukup praktis dan mudah dilakukan. Silakan dicoba.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google