Back To Top

Agar NISN Bisa Masuk ke aplikasi Dapodik

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Pada dapodikdas versi 4.00 ini banyak perubahan yang dilakukan oleh pengembang. Salah satunya adalah terkait NISN peserta Didik. Jika dulu untuk memasukkan NISN agar bisa masuk ke aplikasi dapodik,  adalah dengan cara menginstal ulang aplikasi. dengan memakai prefill terbaru yang sudah di download (generate prefill terlebih dahulu dengan catatan SELURUH PROSES VERVAL PD SELESAI, seluruh tab residu kosong dan konfirmasi data selesai.) Serta NISN sudah masuk di progress pengiriman dapodik. Namun menurut buku panduan dapodikdas versi 4.00, proses memasukkan NISN ke aplikasi adalah dengan cara sinkronisasi. Sinkronisasi sebagaimana mana kita tahu, adalah proses pengiriman data dan penarikan data. 

NISN hasil verval sudah masuk di progress dapodik, maka bisa dilakukan sinkronisasi dapodik, dan NISN akan ditarik masuk ke aplikasi dapodik

Form NISN dalam aplikasi dapodik seolah-olah terkunci, artinya operator tidak bisa memasukkan NISN secara manual ke dalam aplikasi. Sebelum kita tahu bagaimana proses masuknya NISN di aplikasi dapodik Ada baiknya kita pahami dulu apa dan bagaimana proses sinkronisasi dalam dapodik. Sinkronisasi dalam aplikasi terjadi 2 arah. Tidak sekedar hanya mengirim data, namun juga memasukkan data ke dalam aplikasi. Maka dari itu dinamakan sinkronisasi. Termasuk pula dalam hal ini NISN dan perubahan dalam dalam verval NISN dan verval PTK (berdasarkan penjelasan dari pusat).
cara memasukkan NISN ke dalam data peserta di dididk aplikasi dapodik penjelasan alur masuknya NISN dari Arsip NISN ke Aplikasi Dapodikdas (Lokal)
cara memasukkan nisn ke aplikadi dapodik

Memang beberapa hari terakhir, karena kepadatan traffic sinkronisasi, server dapodik hanya menerima limpahan kiriman data, (hanya satu arah dari aplikasi dapodik seluruh Indonesia). Namun seiring mulai sepinya proses sinkronisasi, Server dapodik sudah bisa melakukan sinkronisasi 2 arah (memasukkan data dari server pusat dapodik, ke aplikasi)


Trus bagaimana proses NISN agar bisa masuk ke aplikasi?
Yang pasti kita harus menyelesaikan seluruh proses verval peserta didik sampai konfirmasi data menjadi kosong. Lalu lakukan sinkronisasi.


Berikut penjelasan alur masuknya NISN dari Arsip NISN ke Aplikasi Dapodikdas (Lokal)

1. Input data PD di Aplikasi dan sync ke server dapodik, 1x24 jam lgsg masuk ker server vervalpd.data.kemdikbud.go.id (kalau server normal)

2. Selesaikan vervalpd smpai pada tahap konfirmasi data (sampai kosong)

3. Dalam 1x24 jam (kalau server normal) setelah melakukan konfirmasi data di vervalpd.data.kemdikbud.go.id akan langsung masuk ke progres pengiriman (dapo.dikdas.kemdikbud.go.id)

4. Silahkan melakukan pengecekan ke profil sekolah masing2 (di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id >> klik progres pengiriman >> klik Propinsi >> klik Nama kabupaten >> pilih Kecamatan >> silahkan klik nama Sekolah anda >> Klik login Opsek >> cek Tab data Siswa,

5. Apabila sudah ada NISN di tab siswa tadi sesuai dengan jumlah PD, silahkan melakukan synchronize maka otomatis data NISN akan langsung turun ke Lokal (Aplikasi Dapodikdas)

Ket: Sementara Server hanya melayani synchronize data 1 arah (dari lokal ke server) untuk yang dari server ke lokal smbil menunggu info lebih lanjut dari Pusat.

Jika dengan proses sinkronisasi belum berhasil masuk ke aplikasi, Anda bisa mencoba alternatif lain yaitu dengan cara instalasi ulang aplikasi, dan generate ulang prefill dapodik.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



1 komentar: