Back To Top
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dilatarbelakangi oleh adanya perubahan pada faktor global dan kondisi pendidikan nasional yang stagnan sehingga mendorong pemerintah untuk melakukan upaya-upaya perbaikan dan dinamisasi ke arah perkembangan yang lebih baik. Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru melalui program sertifikasi guru.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) merupakan pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Rayon LPTK untuk memfasilitasi terpenuhinya standar kompetensi guru peserta sertifikasi. Beban belajar PLPG sebanyak 90 jam pembelajaran selama 10 hari dan dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan dan workshop menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). Perkuliahan dilaksanakan untuk penguatan materi bidang studi, model-model pembelajaran, dan karya ilmiah. Workshop dilaksanakan untuk mengembangkan, mengemas perangkat pembelajaran dan penulisan karya ilmiah. Pada akhir PLPG dilaksanakan uji kompetensi.

Upaya peningkatan mutu guru tersebut kemudian dilakukan melalui upaya peningkatan profesionalisme guru. Guru dikatakan profesional jika memenuhi tiga kriteria :

Pertama; Kualifikasi akademik yaitu bahwa seorang guru setidaknya harus berijazah sarjana S1 atau D4.

Kedua; Kompetensi yaitu bahwa seorang guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan social.

Ketiga; Sertifikasi yaitu bahwa seorang guru harus memiliki sertifikat profesi yang dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru lewat penilaian portofolio yang merupakan proses dan bentuk pengakuan atas pelbagai pengalaman profesional guru selama berkarier sebagai guru.

Mengapa Harus PLPG?

Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) bukan sekedar untuk memenuhi batas skor kelulusan sertifikasi  ini sudah dinaikkan menjadi 850. Namun lebih dari itu, PLPG bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Pelaksanaan PLPG mengintegrasikan teori dan praktik serta internalisasi nilai-nilai keagamaan secara inhern artinya para peserta PLPG dikondisikan sedemikian rupa sehingga sepulang mengikuti PLPG para peserta benar-benar merasa mengalami perubahan berarti dibanding sebelum mengikuti PLPG.

Dari beberapa kesempatan perbincangan yang penulis lakukan dengan beberapa guru peserta PLPG di UIN Mulana Malik Ibrahim Malang beberapa waktu lalu mengindikasikan bahwa para peserta benar-benar merasa menjadi guru yang baru di-refresh. Para guru ini merasa benar-benar mendapat berbagai pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan baru berkaitan dengan profesinya sebagai guru. Sehingga muncul anekdot jika saja waktu PLPG diperpanjang mereka dengan ikhlas dan senang hati akan mengikutinya tanpa menawar lagi.

Merujuk pada kondisi riil tersebut maka menjadi sebuah ide brilian jika Prof. Dr. H.M. Djunaidi Ghony, Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melontarkan statemen bahwa PLPG-lah yang sebenarnya (harus) menjadi tolok ukur obyektif untuk mengukur empat kompetensi guru. Lebih lanjut Prof. Djunaidi menegaskan bahwa PLPG merupakan ajang penyempurnaan, penyegaran sekaligus pengayaan kompetensi guru. Sebagai contoh, ada materi pengembangan profesi guru, materi perencaaan pembelajaran, pengembangan berbagai model dan strategi pembelajaran aktif dan materi penilaian kelas. Maka dengan PLPG ini semua guru akan direfresh, terutama pada kompetensi pedagogiknya. Apalagi dengan tim pelatih yang beragam latar belakang tentu upaya pengayaan dan penyempurnaan itu bisa variatif dan lengkap. (Koran Pendidikan, Edisi 246, Pebruari 2009).

Download Sumber Belajar/Materi Pembekalan PLPG 2017 Semua Bidang Studi

Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017

Tanya Jawab Seputar Pembekalan PLPG 2017

Tidak Ikut Pembekalan, Otomatis Tidak Lulus PLPG

Juknis Aplikasi Prakondisi/Pembekalan PLPG 2017

Cek Peserta dan Jadwal PLPG 2017 dan Kode LPTK penyelenggara Sergur

Sergur 2017, Hal Yang Wajib Diketahui Calon Peserta

Proses Penilaian dan Kelulusan PLPG 2017

Cara Daftar di sertifikasiguru.id



Surat Resmi Kemdikbud Perihal Penghapusan Sergur PPGJ dengan Biaya Mandiri Guru
   
PPGJ dihapus, Sergur Hanya Memakai Pola PLPG & Portofolio

Cek Peserta dan Jadwal PLPG 2016 dan Kode LPTK penyelenggara Sergur

Info Awal PLPG Sergur Kemenag (Guru PAI)

Penyelenggaraan Sergur Pola PLPG

Modul Pembelajaran PLPG 2016

Ujian Kompetensi di Akhir PLPG
   
MATERI PEMBELAJARAN/WORKSHOP PLPG

PLPG Rayon 109 UNJ
   
Rambu-rambu Pelaksanaan PLPG